KATA ALUMNI CHANNEL

Monday, September 6, 2021

RITUAL HARIAN SMP DAN SD AD DURRAH

 









RITUAL APEL PAGI

A.  Setiap Hari

1.    Ikrar

-       In the name of Allāh The Most Gracious and The Most Merciful.

-       Dengan menyebut nama Allāh Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

 

بِسْمِ اللّه الرّحْمنِ الرَّحِيْمِ

-       I bear witness that there is no God but Allāh.

-       Saya bersaksi bahwasanya tiada tuhan selain Allāh.

 

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلا اللّهُ

-       I bear witness that propet Muḥammad is the messenger of Allāh.

-       Dan saya bersaksi bahwasanya Nabi Muḥammad Rasul dan utusan Allāh.

 

وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدً رَّسُوْلُ اللّهِ

-       I am willing that Allāh is my God.

-       Saya rela Allāh tuhanku.

 

رَضِيْتُ بِاللّهِ رَبًّا

-       And I am willing that Islam is my religion.

-       Dan saya rela Islam agama saya.

 

وَ بِالإِسْلَامِ دِيْنًا

-       And I am willing that Muḥammad is the prophet and the messanger of Allāh.

-       Dan saya rela nabi Muḥammad itu Nabi dan rasul saya.

 

وَ بِمُحَمَّدٍ نّبِيًّا وَ رَسُوْلًا

-       And I am willing that the holy Qur’ān is my way of life.

-       Dan saya rela Al-Qur’an sebagai petunjuk hidup saya.

 

وَّ بِالْقُرْآنِ وَ حَكَمًا

-       Oh Allāh please increase my knowledge and broaden my intelligence.

-       Ya Allāh tingkatkanlah ilmu saya dan berikan pemahaman yang luas.

رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا

 

2.    Do’a Ibu Bapak

 

Dengan menyebut nama Allāh Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

 

Ya Allāh ampunilah saya dan kedua orang tua saya, dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangi saya sewaktu kecil.

بِسْمِ اللّه الرّحْمنِ الرَّحِيْمِ

 

رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَ لِوَالِدَيَّ وَ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرًا

 


B.  Setiap Kamis

1.    Al-Asmā’u al-Ḥusnā




Do’a Rabiṭah

Sesungguhnya Engkau Tahu,

Bahwa hati ini telah berpadu,

Berhimpun dalam naungan cintaMu...

 

Bertemu dalam ketaatan,

Bersatu dalam perjuagan,

Menegakkan syari’at dalam kehidupan...

 

Kuatkanlah ikatannya,

Tegakanlah cintanya,

Tunjukilah jalan-jalannya...

 

Terangilah dengan CahayaMu,

Yang tiada pernah padam,

Ya Rabbi bimbinglah kami...

Lapangkanlah dada kami,

Dengan karunia iman,

Dan indahnya tawakal padamu...

 

Hidupkan dengan ma’rifatMu,

Matikan dalam syahid di jalanMu,

Engkaulah pelindung dan pembela...

 

Kuatkanlah ikatannya,

Tegakanlah cintanya,

Tunjukilah jalan-jalannya...

 

Terangilah dengan CahayaMu,

Yang tiada pernah padam,

Ya Rabbi bimbinglah kami...

 

RITUAL DALAM KELAS

A.  Pembukaan Kelas

1.    Aba-Aba Pembukaan Kelas

Berdiri!

Qumū!

قُمُوْا

Bersiap!

Ista’idū!

اِسْتَعِدُوْا

Bersi Salam!

Sallimū!

سَلِّمُوْا

Duduk!

Ijlisū!

اِجْلِسُوْا

Kita mulai dengan do’a!

Nabda’u biddu’ā!

نَبْدَأُ بِالدُّعَاءِ

 

2.    Do’a Pagi Hari

أَصْبَحْنَا وَ أَصْبَحَ الْمُلْكُ لِلّهِ, وَ الْحَمْدُ لِلّهِ لَا شَرِكَ لَهُ, لَا إِله إِلَّا هُوَ وَ إِلَيْهِ النُّشُوْرُ.

Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allāh, segala puji bagi Allāh tidak ada sekutu bagiNya, tiada Tuhan selain Dia dan kepadaNya hari kebangkitan.

 

 

 

 

3.    Do’a Belajar

رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا وَ ارْزُقْنِيْ فَهْمًا, وَ اجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ.

Ya Allāh tambahkanlah ilmu saya dan rezekikanlah saya kepahaman, dan jadikanlah saya daripada orang-orang sāliḥ.

رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ وَ يَسِّرْ لِيْ أَمْرِيْ, وَ احْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِّسَانِيْ يَفْقَهُوا قَوْلِيْ.

Ya Allāh lapangkanlah dada saya, dan mudahkan urusan saya, dan lepaskan kekakuan dari lidah saya, supaya mereka mengerti perkataan saya.

B.  Penutupan Kelas

1.    Aba-Aba Penutupan Kelas

Bersiap!

Ista’idū!

اِسْتَعِدُوْا

Kita tutup dengan do’a!

Nakhtatimu biddu’ā!

نَخْتَتِمُ بِالدُّعَاءِ

2.    Do’a Sore Hari

أَمْسَيْنَا وَ أَمْسَى الْمُلْكُ لِلّهِ, وَ الْحَمْدُ لِلّهِ لَا شَرِكَ لَهُ, لَا إِله إِلَّا هُوَ وَ إِلَيْهِ النُّشُوْرُ.

Kami telah memasuki waktu petang dan kerajaan hanya milik Allāh, segala puji bagi Allāh tidak ada sekutu bagiNya, tiada Tuhan selain Dia dan kepadaNya tempat kembali.

3.    Do’a Kafārah al-Majlis

سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ, أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا أَنْتَ, أَسْتَغْفِرُكَ وَ أَتُوْبُ إِلَيْكِ.

Maha Suci Engkau, Yā Allāh dengan memujiMu, saya bersaksi tiada Tuhan selain Engkau, Saya memohon ampun kepadaMu dan saya bertaubat kepadaMu.

4.    Janji Pulang Sekolah

Berdiri!

Qumū!

قُمُوْا


Pulang sekolah...

Cuci tangan...

Cuci kaki...

Banti baju...

Belajar malam...

Baca Al-Qur’an...

Tidak lupa sholat lima waktu...

Esok kembali ke sekolah...

In Syā Allāh Ustādz/Ustādzah..


Bersi Salam!

Sallimū!

سَلِّمُوْا

 

 

RITUAL TAḤFĪẒ

1.    Do’a Pembukaan Taḥfīẓ

كَلَامٌ قَدِيْمٌ

تَنَزَّهَ عَنْ قَوْلٍ وَ فِعْلٍ وَ نِيَّةٍ

 

كَلَامٌ قَدِيْمٌ لَا يُمَلُّ سَمَاعَهُ

دَلِيْلٌ لِقَلْبِيْ عِنْدَ جَهْلِيْ وَ حَيْرَتِيْ

 

بِهِ أَشْتَفِيْ مِنْ كُلِّ داءٍ وَّ نُوْرُهُ

ونَوِّرْ بِهِ قَلْبِيْ وَ سَمْعِيْ وَ مُقْلَتِيْ

 

فَيَا رَبَّ مّتِّعْنِيْ بِسِرِّ حُرُفِهِ

وَ فَهِّمْ بِهِ قَلْبِيْ عُلُوْمَ الشَّرِعَةِ

 

وَ يَا رَبِّ يَا فَتَّاح اِفْتَحْ قُلُوْبَنَا

عَدَدَ حُرُوْفِ بِالْقُرْآنِ وَ السُّوْرَةِ

 

وَ صَلَّ وَ سَلِّمْ يَا إِلهِيْ لِمُنْذِرِ

 

(sebuah) Kalam yang tua, tidak bosan mendengarnya

 

Bersih dari ucapan, perbuatan, dan niatan

Dengan Al-Qur’an saya memohon disembuhkan dari segala penyakit dan cahaya Al-Qur’an...

 

...Petunjuk hati saya di kala kebodohan dan di saat kebingunan

Wahai Tuhan saya, senangkan diri saya dengan rahasia huruf Al-Qur’an

 

Dan dengan Al-Qur’an terangkan hatiku, pendengaranku, dan penglihatanku

Wahai Tuhan saya, Wahai Maha Pembuka, bukalah hati kami

 

Dan dengan Al-Qur’an pahamkanlah hati kami terhadap ilmu-ilmu syari’at

Dan dengan Al-Qur’an mudahkanlah kepadaku menghafal dan mempelajarinya

 

Dengan pangkat (kemuliaan) Nabis Ṣallāllāhu ‘Alaihi wa Sallam, keluarga, dan para sahabatnya

 

2.    Do’a Penutupan Taḥfīẓ

اللّهُمَّ ارْحَمْنَا بِالْقُرْآنِ, وَ اجْعَلْهُ لَنَا إِمَامًا وَ نُوْرًا وَ هُدًى وَ رَحْمَةً.

اللّهُمَّ ذَكِّرْنَا مِنْهُ مَا نَسِيْنَا وَ عَلِّمْنَا مِنْهُ مَا جَهِلْنَا, وَ ارْزُقْنَا تِلَاوَتَهُ ءَانَاءَ اللَّيْلِ وَ أَطْرَافَ النَّهَارِ, وَ اجْعَلْهُ لَنَا حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَز

Ya Allāh rahmatilah kami dengan Al-Qur’an, jadikanlah ia bagi kami pemimpin dan cahaya dan petunjuk dan kasih sayang.

Ya Allāh ingatkanlah kami  dari apa yang kami lupakan dan ajarkanlah kami dari apa yang kami tidak tahu, dan rezekikanlah kepada kami tilawahnya di waktu malam dan di ujung siang, dan jadikanlah ia hujjah bagi kami, wahai Tuhan semesta alam.

 

 

 

RITUAL ḌUḤĀ

 

 

3X

أَسْتَغْفِرُ اللّهَ رَبَّ الْبَرَايَا

أَسْتَغْفِرُ اللّهَ مِنَ الْخَطَايَا

 

اللّهمَّ إِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَ الْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَ الْجَمَالَ جَمَالُكَ وَ الْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَ الْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَ الْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ.

اللّهُمَّ إِنْ كَانَ رِزْقِيْ فِيْ السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ وَ إِنْ كَانَ فِيْ الأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَ إِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَ إِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَ إِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَ بَهَاءِكَ وَ جَمَالِكَ وَ قُوَّتِكَ وَ قُدْرَتِكَ آتِنِيْ مَا أَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ.

Ya Allāh, sesungguhnya waktu Ḍuḥā itu ḌuḥāMu, kecantikannya kecantikanMu, keindahannya keindahanMu, kekuatanya kekuatanMu, kekuasannya kekuasaanMu, perlindungannya perlindunganMu.

Ya Allāh, jika rezeki saya masih di langit, turunkanlah. Jika di bumi, keluarkanlah. Jika sukar permudahlah. Jika haram, sucikanlah. Jika jauh dekatkanlah.

Berkat waktu Ḍuḥā. KecantikanMu, keindahanMu, kekuatanMu, kekuasaanMu, limpahkan kepada saya segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamaMu yang ṣāliḥ.

 

ADAB MURID KETIKA GURU MASUK DAN MENUTUP PELAJARAN

1. Mengucapkan terima kasih kepada ustadz/ustadzah yang telah menyelesaikan pelajaran

2. Berdiri dan mengucapkan salam kepada ustadz/ustadzah yang masuk mengajar di dalam kelas

No comments:

Post a Comment

Biologi

MEKANISME MENGANTUK

Mekanisme Mengantuk 1.1 Penyebab Mengantuk Proses tidur adalah sebuah proses fisiologis yang bersiklus bergantia...